HARBOLNAS
Apa itu HARBOLNAS
? Mungkin sudah agak Familier di telinga kita tentang apa itu HARBOLNAS
? .Ternyata HARBOLNAS adalah kependekan dari HARI BELANJA ONLINE NASIONAL.
Perayaan yang pertama kali di rayakan pada tahun 2012 tepat di tanggal 12-12-2012
ini diselenggarakan di Indonesia. Aksi yang pertama kali di lakukan oleh 7
E-commercer Indonesia. Perhelatan tahunan Hari Belanja Online Nasional
(Harbolnas) telah dimulai. Acara yang belangsung pada tanggal 12 Desember 2017
ini menjadi tahun dengan jumlah partisipasi e-Commerce terbanyak dalam 5 tahun
sejarah Harbolnas 2017, sebanyak 250 pelaku industri akan turut berpartisipasi
dan memeriahkan ajang belanja online terbesar di Indonesia.Pelaku industri
tersebut akan menghadirkan berbagai penawaran dan diskon hingga 95 persen bagi
seluruh masyarakat di Indonesia. Tidak hanya itu, UMKM digital juga menjadi
fokus utama dalam Harbolnas tahun ini dengan berbagai inisiatif untuk
mempersiapkan mereka berpartisipasi dan memanfaatkan momen ini untuk
mengembangkan bisnisnya secara online. maraknya layanan belanja online
turut menyumbang sifat konsumtif masyarakat terutama kaum perempuan. Beragamnya
produk menarik yang ditawarkan, kemudahan memilih barang dan bertransaksi,
sampai proses pengiriman dalam waktu cepat menjadikan perilaku "gila
belanja" semakin menjadi-jadi. Boleh dibilang online shopping telah
menjadi gaya hidup baru. Penetrasi telepon genggam pada populasi umum di
wilayah perkotaan Indonesia telah mencapai 88%. Sejauh ini kepemilikan perangkat
tersebut merupakan salah satu faktor paling signifikan yang paling berpengaruh
pada perilaku belanja pada konsumen. Belanja Oneline banyak sisi lemahnya bagi
konsumen .Konsumen yang ingin menyentuh langsung , melihat, dan menguji produk
secara pribadi, di belanja online, konsumen tidak mampu melakukannya. Toko
online hanya dapat menampilkan deskripsi produk dan foto dari barang, yang
dapat menjadi kerugian bagi banyak pembeli secara online. Tidak seperti membeli
di toko-toko ritel, Konsumen dapat menggunakan produk langsung setelah Konsumen
membelinya, yang tentunya dapat memuaskan perasaan konsumen. Namun, dengan belanja
online , Konsumen diharuskan membutuhkan kesabaran untuk menunggu item yang
akan tiba di depan pintu konsumen sekitar 2 sampai 3 hari atau bahkan
lebih lama tergantung pada lokasi konsumen.
Komentar
Posting Komentar